Jumat, 01 November 2013

KAPAN SEBAIKNYA ANAK DIBERIKAN TOILET/POTTY TRAINING?

Anak-anak yang sehat belum akan siap secara mental dan fisik sebelum usia ada diantara 18 bulan hingga 3 tahun. Anak laki-biasanya akan siapb sedikit lebih terlambat, beberapa bulan dibandingkan dengan anak perempuan. Kebanyakan orang tua memulainya pada saat anak berusia 2-3 tahun. Tapi sesungguhnya tidak ada patokan umur untuk hal ini, bahkan anda tidak perlu melakukannya jika anda merasa tidak memerlukannya, anak anda akan belajar sendiri dengan cara mengamati, bahkan terkadang tanpa anda perlu memberikan instruksi.
Sebaliknya, terkadang ada orang tua memulainya pada usia yang sangat dini, mungkin sebelum empat bulan. Hal ini dilakukan dengan cara mengamati tanda-tanda /signal yang dinerikan anak sebelum pipis atau poop. Cara ini disebut juga dengan elimination communication. Akan tetapi kebanyakan pakar kesehatan anak tidak menganjurkan cara ini, sebaiknya mereka belajar dengan mengalami sendiri, merasakan situasi yg stressful tersebut. J

Anak-anak dibawah umur dua tahun belum bias mengontrol pembuangan mereka karena otot-otot dan rectum yang terlibat belum cukup kuat hingga usia mereka mencapai setidaknya 18 bulan. Karena itulah dengan bersabar dan memperhatikan tanda-tanda dari si anak bahwa dia telah siap menjadi kunci suksesnya. Memulai terlalu dini justru hanya akan memperbesar resiko kecelakaan yang berbuah kegagalan dan stressful bagi orang tuanya.. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar